SUNNAH RASUL ADALAH WAHYU

SUNNAH RASUL ADALAH WAHYU ALLAH

وَمَا يَنْطِقُ عَنِ الْهَوَى . إِنْ هُوَ إِلَّا وَحْيٌ يُوحَى

Dan tiadalah yang diucapkan dia (Muhammad) itu menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan –kepadanya- (An-Najm, ayat 3-4)

هُوَ الَّذِي بَعَثَ فِي الْأُمِّيِّينَ رَسُولًا مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آَيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ

Dia-lah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka Al-Kitab dan Al-Hikmah (As Sunnah). dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata, (Al-Jumu’ah, ayat 2)

عن المقدام بن معد يكرب الكندي قال, قال رسول الله صلى الله عليه و سلم : الا اني أوتيت الكتاب ومثله معه

Miqdam bin Ma’dikariba radhiallahu ‘anhu berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Ingatlah, sesungguhnya aku diberi Al-Kitab dan yang semisal besertanya (yaitu As-Sunnah)” (Riwayat Ahmad, Abu Dawud, dan Ath-Thabrani)

عَنْ حَسَّانَ قَالَ : كَانَ جِبْرِيلُ يَنْزِلُ عَلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- بِالسُّنَّةِ كَمَا يَنْزِلُ عَلَيْهِ بِالْقُرْآنِ.

Hasan radhiallahu ‘anhu berkata: Jibril ‘alaihissalam turun kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membawa Sunnah sebagaimana dia ‘alaihissalam turun kepada beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan membawa Al-Qur’an. (Riwayat Ad-Darimi)

Tinggalkan komentar